Jenis- Jenis Kain Batik yang Khas dari Berbagai Daerah yang Ada di Indonesia

10 Model Baju Batik Terbaru 2020 yang Bakal Jadi Tren buat Millennials

Kain batik dan negara Indonesiaadalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Batik ini merupakan kain khas yang berasal dari negara Indonesia yang sudah digunakan sejak jaman dulu. Pada jaman dulu kain batik ini sangat  umum digunakan untuk pakaian sehari-hari bagi masyarakat di negara Indonesia. Penggunaan kain batik ini biasanya dikombinasikan dengan kebaya atau bisa juga dengan pakaian adat lainnya. Berbicara mengenai kain batik tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai model baju batik terbaru dan macam-macam motif batik yang khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tanpa banyak basa basi lagi berikut ini beberapa motif batik yang cukup populer di negara Indonesia.

  • Batik Megamendung

Batik yang pertama ada batik megamendung, motif batik yang satu ini merupakan motif kain batik khas dari daerah Cirebon. Motif batik Megamendung ini sangat khas karena memiliki bentuk awan besar yang berwarna cerah dan mencolok. Beberapa warna yang biasanya digunakan di batik Megamendung yaitu biru, merah tua, hijau tua, dan ungu.

  • Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Batik yang kedua ada batik pekalongan, pekalongan ini merupakan salah satu daerah yang sangat terkenal sebagai daerah pengrajin kain batik dan pusatnya kain batik. Motif batik di hasilkan oleh kota pekalongan biasanya merupakan motif- motif yang elegan. Ciri yang cukup khas dari batik Pekalongan ini yaitu didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan atau hewan. Batik Pekalongan ini akan terlihat sangat cantik jika kamu kombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

  • Batik Parang Rusak

Batik yang ketiga ada batik parang rusak, batik parang rusak ini pasti sering sekali kamu jumpai, karena motif dari batik Parang Rusak ini merupakan motif batik yang sangat populer dikalangan para pecinta batik. Motif dari batik Parang Rusak ini  mengandung arti yang cukup mendalam, yaitu peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan juga nafsu selama hidup. Batik Parang Rusak ini sangat sering digunakan untuk berbagai macam kerajinan yang terbuat dari kain batik.

  • Batik Keraton

Batik yang kelima ada batik keratin, batik yang satu ini merupakan batik yang pada awalnya dibuat oleh para putri dan juga pengrajin batik tinggal di lingkungan Keraton. Motif dari batik Keraton ini memiliki nuansa yang elegan, sakral dan sarat tentang filosofi kehidupan. Maka dari itu pada jaman dahulu batik Keraton ini hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja.

  • Batik Priyangan Tasikmalaya

Batik yang kelima ada batik priyangan tasikmalaya, Batik yang satu ini terkenal dengan ciri khasnya yang mempunyai corak yang rapat, rapi, dan juga berkelas. Biasanya motif dari batik priyangan ini di dominasi oleh motif rumput dan juga tumbuhan. Nah motif tersebutlah yang menjadi identitas utama dari batik Priyangan ini.

  • Batik Lasem

Batik yang keenam ada batik Lasem, batik yang satu ini berasal dari salah satu daerah yang bernama Lasem dan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik Lasem ini memiliki ciri khas warna merah yang menyala. Hal tersebut dikarenakan batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.

  • Batik Bali

Batik yang ketujuh ada batik bali, bebagai jenis motif khas dari Pulau Dewata ini juga tidak kalah populer lho. Motif batik dari Bali ini banyak terinspirasi dari berbagai macam hewan seperti kura-kura, burung bangau, dan juga rusa. Warna-warna yang digunakan di batik Bali juga biasanya dominan dengan warna cerah, seperti warna biru, warna kuning, dan warna ungu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *